Jumat, 11 Juli 2014

PEMBAHASAN TENTANG BINTANG SIRIUS


 
Anda Mau Tau Tentang Bintang SYI’RA / SIRIUS ????

Bintang Ini Secara Khusus di sebutkan di dalam Al-Qur’an.

Bintang Syi’ra berada di Rasi bintang  Jauza’ (Gemini / Canis Major.(
}}Inilah 12 Rasi bintang{{:

.....1.  Hamal (Aries (
......Tsaur (Taurus,(
3. .......Jauza' (Gemini(
4. ......Saroton (Cancer(
......5. Asad (Leo(
6. ......Sumbulah (Virgo(
7. ......Mizan (Libra(
8. ......Aqrob (Scorpio(
9. ......Qous (Sagitarius(
.....10 Jadyu (Capricornus(
11. ....Dalwu (Aquarius)
......12Hut (Pisces(

Imam Al-Baghowi (Meninggal 510 H) dalam tafsirnya: "Ma'alimut Tanzil" (Juz 6/hal 92) menafsirkan ayat ke 61 dari Surat Al-Furqon, : imam Baghawi menukil dari perkataan Ibnu Abbas :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: هِيَ الْبُرُوجُ الِاثْنَا عَشْرَ الَّتِي هِيَ مَنَازِلُ الْكَوَاكِبِ السَّبْعَةِ السَّيَّارَةِ، وَهِيَ الْحَمَلُ، وَالثَّوْرُ، وَالْجَوْزَاءُ، وَالسَّرَطَانُ، وَالْأَسَدُ، وَالسُّنْبُلَةُ، وَالْمِيزَانُ، وَالْعَقْرَبُ، وَالْقَوْسُ، وَالْجَدْيُ، وَالدَّلْوُ، وَالْحُوتُ...."



Ibnu Abbas berkata: "Al-Buruj" maknanya 12 ..Gugusan Bintang / Rasi Bintang yang terletak di arah gugusan 7..Planet Sayyaroh,  kedua belas rasi bintang itu adalah 1. Rasi bintang : Hamal (Aries), 2. Tsaur (Taurus), 3. Jauza' (Gemini), 4. Saroton (Cancer), 5. Asad (Leo), 6.  Sumbulah (Virgo), 7. Mizan (Libra), 8. Aqrob (Scorpio), 9. Qous (Sagitarius), 10 . Jadyu (Capricornus), 11. Dalwu (Aquarius), dan 12. Hut (Pisces). {lihat tafsir imam Al-Baghowi (juz6/hal  (92
----
Tentang Planet Sayyaroh telah kita bahas sebelumnya: yaitu Syams (Matahari), Qomar (Bulan), Uthorid (Merkurius), Zuhroh (Venus), Mirrikh (Mars), Musytari (Jupiter), dan Zuhal (Saturnus.(
----
Mengenai 12 Rasi bintang diatas juga disebutkan dalam kitab tafsir yang lain, seperti : “Ruhul Bayan fi Tafsiril Qur’an” karya Isma’il Al-Kholwati (juz 3/hal (420).


Mengenai keberadaan bintang Sya’ri (Bintang Sirius):
Allah ta’ala berfirman:

وَأَنَّهُ هُوَ رَبُّ الشِّعْرَى

Artinya:
Dan bahwasanya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang SYI'RA” (QS. An Najm,  (49: 53 

Tafsirnya dari para Ulama':

1.      ....Perkataan ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma menafsirkan QS An-Najm ayat 49 tentang bintang Syi’ra (Sirius):

عن ابن عباس، قوله (وَأَنَّهُ هُوَ رَبُّ الشِّعْرَى) قال: -الشعرى- هو الكوكب الذي يدعى الشعرى.

Terjemahannya: “ Asya’ra adalah nama sebuat planet (kaukab), bintang ini biasanya di seru sebagai Asy-syi’ra. (Lihat Tafsir ibnu Jarir, Juz 22/hal. 551)

2.      .....Perkataan tabi’in Qatadah bin Di’amah As-Sadusi Rahimahullah menafsirkan QS An-Najm ayat 49   tentang bintang Syi’ra (Sirius) juga :

عن قتادة، قوله (وَأَنَّهُ هُوَ رَبُّ الشِّعْرَى) كان حيّ من العرب يعبدون الشِّعْرَى هذا النجم الذي رأيتم، قال بشر، قال: يريد النجم الذي يتبع الجوزاء.

Terjemahannya: “Dahulu ada segolongan Arab –jahiliyyah- yang menyembah bintang Syi’ra yang kalian lihat –dari bumi-, Lalu Bisyr menambahkan : maksud Qatadah ini adalah bintang Syi’ra yang berada di Rasi bintang Jauza’ (rasi bintang Gemini)”. Perkataan Qotadah Ini juga semakna dengan perkataan Ibnu Zaid Rahimahullah. (lihat Tafsir ibnu Jarir At-Thabari (juz 22/hal. 551))

3.      ....Perkataan tabi’in Mujahid bin Jabr Al-Makki Rahimahullah menafsirkan QS An-Najm ayat 49 tentang bintang Syi’ra (Sirius) juga :

عن مجاهد، في قوله: (وَأَنَّهُ هُوَ رَبُّ الشِّعْرَى) قال هو :  الكوكب الذي خَلْف الجوزاء، كان يُعبد في الجاهلية.

Terjemahannya: “Bintang Syi’ra adalah bintang yang berada di Belakang rasi bintang Jauza’ (rasi bintang Gemini), dahulu orang-orang arab jahiliyyah menyembahnya.” (lihat Tafsir ibnu Jarir At-Thabari (juz 22/hal. 551))

4.      ....Syeikh Abdurrahman bin Nasir As-Sa’di dalam tafisrnya “Taisir Karimir Rahman” (Juz 1/hal 822) menafsirkan QS An-Najm ayat 49 tentang bintang Syi’ra (Sirius:(

شعرى هي النجم المعروف بالشعرى العبور، المسماة بالمرزم، وخصها الله بالذكر، وإن كان رب كل شيء، لأن هذا النجم مما عبد في الجاهلية..

Terjemahannya: Syi’ra adalah sebuah bintang yang dikenal dengan nama Syi’ra Al-Abur, ada juga yang menamai bintang Marzam. Allah telah mengkhususkan penyebutan bintang ini padahal Allahlah Rabb yang menciptakan segala sesuatu, Allah telah menyebutkan bintang ini (di Al-Qur'an) dikarenakan dahulu bintang ini termasuk bintang yang disembah oleh orang-orang arab jahiliyyah (orang-orang musyrikin arab) -sehingga mereka tersesat-”.

-----------------------
Tambahan:
Keterangan dari Astronomi saat ini bahwa Bintang Syi'ra / Sirius ini Besarnya 2 kali lipat dari Matahari di tatasurya Galaksi Bima Sakti, meski letaknya diluar tatasurya
ini akan tetapi cahayanya sangat terang dilangit malam

Berdasarkan keterangan Wikipedia: Bintang Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara. Saat yang tepat untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal satu   januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam.

Pada kondisi yang sesuai, Sirius dapat dilihat dengan mata telanjang saat Matahari masih berada di atas horison. Ketika berada di atas kepala, bintang ini dapat dilihat pada kondisi cuaca sangat bersih, asalkan pengamat berada di tempat yang tinggi, dan posisi matahari cukup rendah.
------------
Semoga Kita semakin yakin akan kebenaran Al-Qur'an terhadap tanda-tanda kekuasaan Allah di Langit.

Dari : Lilik Ibadurrohman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar