Minggu, 15 Desember 2013

Kisah Orang-Orang Yang Menolong Binatang


Dosa Diampuni Karena Menolong Binatang


Sebuah kisah teladan, yang bisa dijadikan sebuah contoh orang-orang yang sekarang, yaitu kisah Imam As-Syibli Rahimahullah yang memiliki nama Syeikh Abu Bakr ibn Dulaf ibn Jahdar. Ia dikenal sebagai ulama yang menghabiskan banyak waktunya untuk menimba ilmu, berguru kepada banyak ulama di zamannya, banyak beribadah kepada Allah . Dengan ketaatan yang tinggi dalam hal ibadah, nyatanya ‘tidak semua amalan yang bisa menjadi jaminan’ bahwa dia bisa diampuni dosa-dosanya, contohnya seperti kisah Imam As-Syibli, ternyata kebaikan yang remeh pun bisa menjadi penolongnya.

Kisahnya

Imam As-Syibli Rahimahullah dikenal juga dengan keistiqomahannya dalam beribadah dan shalat serta puasa. Akan tetapi, dari sekian banyak amal ibadah yang dilakukan oleh Imam As-Syibli semasa hidup, hanya satu amalan yang menurut orang lain ringan, Namun ternyata dapat menghapus dosa As-Sibli dan berhasil meraih ampunan Allah Subhanahu Wata’ala.

Di dalam kitab Nashaih Al Ibad karya Syeikh Imam Nawa’i Al-Battani dikisahkan, setelah sekian waktu lamanya Imam As-Syibli wafat, ada seorang temannya yang memimpikannya. Dalam mimpinya itu terlihat Imam As-Syibli nampak mendapatkan nikmat kubur.
"Wahai Imam As-Syibli, apa yang diperbuat Allah Subhanahu Wata’ala.  kepadamu?" tanya temannya.
"Allah telah menempatkanku di tempat yang mulia," jawab Imam As-Syibli.
"Tolong beritahu aku amal apa yang engkau perbuat sehingga mendapatkan kemuliaan itu?" pinta temannya.
Mendapatkan Ampunan Allah Subhanahu Wata’ala.
Imam As-Syibli pun bercerita bahwa dirinya pernah ditanya Allah Subhanahu Wata’ala.  tentang amal yang membuat ampunan datang kepadanya. Imam As-Syibli menjawab kalau dirinya telah melakukan amal baik dan ikhlas dalam beribadah. Akan tetapi, jawaban itu disangkal oleh Allah Subhanahu Wata’ala.  Imam As-Syibli pun langsung menjawab amal lainnya.

"Mungkin karena ibadah hajiku, puasaku, dan shalatku," kata Imam As-Syibli.
Namun, lagi-lagi penyataan itu ditolak oleh Allah Subhanahu Wata’ala Imam As-Syibli lantas mencoba mengingat-ingat amal baiknya lagi semasa hidupnya.

"Atau mungkin karena kelanggenganku dalam mencari ilmu," tebaknya.
Pernyataan itu kembali disangkal oleh Allah Subhanahu Wata’ala hingga akhirnya Imam As-Syibli menyerah. Ia kemudian berkata,
"Ya Rabbi, semua itu adalah amalanku yang karenya aku harap Engkau mau memaafkanku."

Kemudian Allah Subhanahu Wata’ala berfirman,
"Semua itu tidaklah membuatKu mau mengampunimu."
Imam As-Syibli Menolong Anak Kucing
Imam As-Syibli lantas bertanya,
"Lalu, karena apa Engkau berkenan mengampuniku?"

Allah Subhanahu Wata’ala  berfirman:
"Ingatkah engkau, ketika engkau berjalan di pinggiran kota Baghdad, engkau menemukan seekor anak kucing yang sedang kedinginan dan merapatkan tubuhnya ke sebuah tembok. Kemudian karena merasa kasihan, engkau mengambil anak kucing itu dan memasukkannya ke dalam saku jubahmu agar ia terjaga dari kedinginan?"
"Iya," jawab Imam As-Syibli.

Allah subhanahu Wata’ala berkata :
"Karena rasa kasihmu pada anak kucing itulah Aku berkenan mengampunimu."

Imam As-Syibli bersyukur telah mendapatkan ampunan Allah Subhanahu Wata’ala. Ia sendiri tak menyangka jika amal menolong kucing itulah yang mengantarkannya mendapatkan kemuliaan dari Allah Subhanahu Wata’ala. Dari amalan inilah dia mendapat kenikmatan kubur

Setelah mendapatkan penjelasan oleh As-Syibli didalam mimpi itu, teman Imam As-Syibli sadar bahwa amal ibadah yang dilakukan di dunia ini tidak menjadi jaminan mendapatkan ampunan dari Allah Subhanahu Wata’ala. Meskipun amalan itu juga termasuk amalan yang mulia di sisi Allah.
.
Hanya saja Bisa jadi seseorang mendapat ampunan itu karena amal-amal lain, yang mungkin dianggap ringan dan remeh untuk dikerjakan, Namun ternyata dari situ peluang ampunan lebih besar, seperti menolong manusia yang kekurangan, menolong hewan yang kelaparan / kehausan, menyingkirkan gangguan yang ada di jalan Raya, dll.
.
===============
.
Hal ini juga pernah dicontohkan oleh Wanita pezina dari kalangan Bani Israel yang melihat Anjing yang kehausan. Ia pun melepas sepatunya dan mengambil air untuk memberi minum pada anjing yang kehausan tersebut,  maka Allah Subhanahu Wata’ala pun mengampuni dosanya atas tindakannya ini.
.
HADITS 1
.
Abu Hurairah radhiallahu 'anhu meriwayatkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:
.
بَيْنَمَا كَلْبٌ يُطِيفُ بِرَكِيَّةٍ كَادَ يَقْتُلُهُ الْعَطَشُ إِذْ رَأَتْهُ بَغِيٌّ مِنْ بَغَايَا بَنِي إِسْرَائِيلَ فَنَزَعَتْ مُوقَهَا فَسَقَتْهُ فَغُفِرَ لَهَا بِهِ
Artinya:
"Tatkala ada seekor anjing yang hampir mati karena kehausan berputar-putar mengelilingi sebuah sumur yang berisi air, tiba-tiba anjing tersebut dilihat oleh seorang wanita pezina dari kaum bani Israil, maka wanita tersebut melepaskan khufnya (sepatunya untuk turun ke sumur dan mengisi air ke sepatu tersebut-pen) lalu memberi minum kepada si anjing tersebut. Maka Allah pun mengampuni wanita tersebut karena amalannya itu"
(HR Al-Bukhari no 3467 dan Muslim no 2245)
.
HADITS 2
.
Begitu pula sesuai kabar yang di sampaikan oleh Rasulullaah –shallallaahu ‘alayhi wa sallam- tentang Pahala yang akan diraih seseorang yang menolong ANJING yang sangat kehausan :
.
Berikut ini Haditsnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
.
بَيْنَا رَجُلٌ يَمْشِي فَاشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ فَنَزَلَ بِئْرًا فَشَرِبَ مِنْهَا ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا هُوَ بِكَلْبٍ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنْ الْعَطَشِ فَقَالَ لَقَدْ بَلَغَ هَذَا مِثْلُ الَّذِي بَلَغَ بِي فَمَلَأَ خُفَّهُ ثُمَّ أَمْسَكَهُ بِفِيهِ ثُمَّ رَقِيَ فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ
Artinya:
“Ada seorang laki-laki yang sedang berjalan lalu dia merasakan kehausan yang sangat sehingga dia turun ke suatu sumur lalu minum dari air sumur tersebut. Ketika dia keluar didapatkannya seekor anjing yang sedang menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan. Orang itu berkata: “Anjing ini sedang kehausan seperti yang aku alami tadi”. Maka dia (turun kembali ke dalam sumur) dan diisinya sepatunya dengan air dan sambil menggigit sepatunya dengan mulutnya dia naik keatas lalu memberi anjing itu minum. Maka Allah membalas kebaikannya (diterima amalnya) dan Allah pun mengampuninya”.
Para sahabat bertanya:
يَا رَسُولَ اللَّهِ وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ أَجْرًا

“Wahai Rasulullah, apakah kita meraih pahala dengan berbuat baik kepada hewan?”
Beliau shallallaahu ‘alayhi wasallam menjawab:
فِي كُلِّ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ
“(Berbuat baik) terhadap setiap makhluq bernyawa diberi pahala.”
(HR. Al-Bukhari & Muslim. Dan ini lafazh Al-Bukhari)
.
Maka dari Itu Jangan Meremehkan Amalan Meskipun Nampak Kecil
.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
.
لا تحقرن من المعروف شيئا ولو أن تفرغ من دلوك في إناء المستسقي ولو أن تكلم أخاك ووجهك إليه منبسط،
Artinya:
"Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan walau sekedar menuangkan air dari embermu ke dalam bejana orang yang sedang mencari air, walau hanya sekedar dengan bermuka manis ketika berbicara dengan saudaramu." (HR. Ahmad 5: 63, dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 1352).
.
Hadits-hadits Yang berkaitan dengan hal ini:
.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
.
«بينما رجلٌ يمشي بطريق وجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ على الطريق، فأخَّرَهُ، فشَكَرَ الله له، فَغَفَرَ له»
Artinya:
“Ada seorang lelaki melewati sebuah ranting pohon yang melintang di atas badan jalan, lalu ia berkata, ‘Demi Allah, aku akan memotong ranting ini agar tidak mengganggu kaum Muslimin.’ Maka, ia pun dimasukkan di dalam surga” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Malik, dll).
.
Atau memberi makan kepada Orang-orang yang kelaparan, membantu orang yang sakit dan menengoknya.
.
Begitu pula dalam hadits yang lain –yang berkaitan dengan menolong sesama-:
.
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:
.
" أطعموا الجائع، وعودوا الْمَرِيض، وفكوا العاني ".
Artinya:
“Beri makanlah olehmu orang yang kelaparan, jenguklah orang yang sakit, dan bebaskan orang yang tertawan.” (Shahih, HR. Bukhari (10/97), Abu Dawud (3105))
.
Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, Semoga kita bisa menjadi hamba-hamba yang penyayang terhadap sesama makhluk Allah.
.
[Lilik Ibadurrohman]

8 komentar:

  1. Bagaimana jika seseorang menolong setiap kucing terlantar di jalanan, diberikan fasilitas yg agak berlebihan (makanan kucing khusus, rutin ke dokter hewan, mandi kucing, dll) tetapi malah mengabaikan saudara/tetangganya yg masih kelaparan atau terlilit hutang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antar manusia msh bnyk yg dermawan yg membantu bahkan mendapatkan jatah zakat bagi kaum fakir miskin, akan tetapi hewan hanya segelintir org yg peduli. itu makna dri kisah diatas

      Hapus
  2. Bagaimana jika seseorang menolong setiap kucing terlantar di jalanan, diberikan fasilitas yg agak berlebihan (makanan kucing khusus, rutin ke dokter hewan, mandi kucing, dll) tetapi malah mengabaikan saudara/tetangganya yg masih kelaparan atau terlilit hutang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assl.Mungkin krn disaat yg sulit org2 tsb tdk ada bersamany. Suka atau tidak terkadang hewan bs lbh baik dr pd manusia itu sendiri

      Hapus
    2. Iya betul sekali kadang kita keterbatasan menolong makhluk hidup, manusia bisa saja pintar bagaimana cara menyelesaikan masalah tapk binatang yang serba kekurangan kasihan ya kita wajib menolongnyaa

      Hapus
  3. Kalo gabisa berbuat kebaikan. Gausa nyinyirin kebaikan org lain mas/mbak. Syukur2 org lain sm kucing aja sampe segitunya hati nuraninya. Daripada kamu ? Berharap bgt di bayarin utang2nya. Minta tolong kok maksa. Berbuat baik ke makhluk hewan jg ga malah di nyinyir makanya idupmy ga penuh berkah.

    BalasHapus
  4. https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/dokter-jantung-beri-tips-makan-gorengsn.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/pinggul-bisa-melebar-jsuhi-4-kudaoan-ini.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/ngeri-kamu-akan-dibunuh-jika-pakai-baju.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus